Senin, 07 Mei 2012

Pekan Kreatif Nusantara Part 3 (Penutupan)

Hari Jumat (4/5), tenda yang selama 3 hari terakhir kosong pagi ini sudah dipenuhi Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu berseragam. Sepertinya dari dinas daerah, tamu kabupaten para camat dan tokoh masyarakat pilihan. Kali ini Pak Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan akan datang menutup Pameran.

Acara penutupan didahului dengan pidato oleh Pak Marjoko, Bupati Banyumas. Pak Marjoko mengawali pidatonya dengan ungkapan syukur kehadirat Allah SWT, layaknya SOP pidato yang diajarkan sewaktu SD dulu. Lalu dilaporkan kondisi pameran, jumlah stand nya, siapa saja yang terlibat, dst.


Pak Marjoko juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Pak Menteri, serta meminta Pak Menteri untuk berkenan mampir meninjau pasar Patikraja sambil jalan pulang nanti sore.

Pidato berikutnya oleh Pak Syarif Hasan, lumayan panjang setengah jam lebih ada. Beliau banyak memuji-muji tentang Banyumas, Pemdanya dan Bupatinya yang katanya semangatnya luar biasa. Beliau juga menyampaikan banyak hal, diantaranya mengenai pesatnya pertumbuhan koperasi di Indonesia dan di Banyumas, kemudian signifikannya penurunan angka kemiskinan yang salah satunya karena pembinaan UMKM yang baik.

Serta dengan tegas beliau menyampaikan bahwa dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang s.d. 20 juta itu diberikan tanpa agunan dan jaminan dengan catatan diberikan kepada usaha produktif. Yah, tegas sekali pernyataan pak menteri tapi nyatanya sampai terakhir aku dan teman-teman mengecek ke beberapa bank, tetap saja perlu agunan. Entah bagaimana mensinkronkan pernyataan itu dengan realita.

Selesai pidato, kakang-mbekayu Banyumas maju kedepan membawa pemukul gong. Gong dipukul oleh Pak Menteri menandai ditutupnya Pameran secara seremonial.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan ke beberapa koperasi, UKM dan KSU unggulan di Banyumas, ada yang 175 juta ada yang 50 juta.

Selesai doa penutup, acara di panggung selesai, Pak Menteri didampingi pejabat dinas Kabupaten termasuk pak Bupati kemudian masuk ke arena pameran, meninjau stand-stand. Stand yang disinggahi Pak Menteri diantaranya adalah : Stand jajanan Banyumas, Es mi cool, BRI, dinperindagkop kabupaten, mandi air panas tanpa listrik, Perhutani, Batik Slamet, mitra binaan jamsostek dan stand kemenparek.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar