Senin, 26 Maret 2012

Sanggaluri Park, Purbalingga

Dulu namanya Taman Reptil. Sekarang namanya berubah jadi Sanggaluri Park. Sanggaluri (Sanggar Luru Ilmu) Park paling cuma seperempat jam saja dari Owabong. Wahana ini jadi satu rangkaian trip untuk piknikan anak-anak SD yang mau ke Owabong, waterboom pertama di Jawa Tengah dan terbesar saat itu.


Tanggal 5 Februari aku & Firly adikku mendapat kehormatan diajak Naim menemani keponakan-keponakannya untuk berlibur dalam rangka CSR program dari Naim Coorporation dengan satu destinasi tunggal Sanggaluri Park ini.

Dulu aku pernah masuk kesini saat Februari 2009 ada Rakor Regional Jawa-Bali-NTB Fosma 165, wah sekarang ternyata sudah banyak berbenah dan makin lengkap koleksinya. untuk masuk ke obyek wisata ini, HTM 10.000 per/orang saja.




Bukan hanya kupu-kupu, ular dan biawak yang menghuni Sanggaluri Park sekarang, tapi didalamnya ada banyak wahana yang membuat anak-anak TK, SD & SMP puas lah main-main seharian disitu. Ada Museum Pemkab, ada Museum Uang, ada Museum Wayang, Taman Iptek, Taman Buah dan ada juga wahana permainan anak, seperti rumah balon, trampolin & outbond area. Ada Flying fox untuk anak-anaknya juga loh.


Dibandingkan dengan museum-museum milik Pemkab lainnya, termasuk museum yang dimiliki Pemkab Banyumas, Museum-museum di dalam Sanggaluri Park lebih terkelola dengan baik. Koleksinya lebih lengkap, kondisinya bersih dan tertata dengan baik. Kesan bergairah dan nuansa sumringahlah yang terasa saat berada disitu, apalagi taman-taman juga luas terbentang dengan pohon--pohon besar yang masih kecil-kecil jadi agak terasa panas, ya mungkin 10 tahun lagi taman-taman itu sudah berubah jadi "Garden" yang rimbun dan sejuk.



Yang agak mangkrak adalah taman IPTEK, ini seperti mini taman pintar, isinya peraga fisika dan permainan logika, sayang, beberapa sudah rusak dan dibiarkan saja. Dan satu lagi yang kurang, petunjuk pemakaian dan penjelasan ilmiahnya sedikit sekali, bahkan beberapa tidak ada, jadi ya tidak optimal belajar ipteknya.




 


Kalau mau ke Sanggaluri Park, dari Alun-alun Purbalingga ambil yang ke arah Purwokerto via Padamara, di lampu merah setelah SMA 1 Purbalingga belok kanan, sampai lampu merah kedua ambil kiri, terus ikuti jalan, setelah lebih kurang 3 km sebelah kanan ada Gapura Besar Sanggaluri Park, dari jalan itu juga obyek wisatanya sudah terlihat jelas. Selamat piknik..

 

1 komentar: